Terima Kasih atas partisipasi anda dalam pembangunan Desa Sumber

Mari dukung program Sungaiku Bersih dengan tidak membuang sampah di Sungai

 

Pelatihan Memasak, untuk cetak Wirausaha di Desa Sumber

Administrator 27 Juli 2018 15:03:43 WIB

SUMBER SID –  Ketertarikan masyarakat Desa Sumber agar mau menggeluti dunia usaha olahan makanan , perlu terus didorong dari waktu ke waktu. Terlebih, peluang menerima keuntungan di dunia itu masih menjajikan. Apalagi jumlah wirausaha di Desa Sumber relatif masih rendah.

Kepala Desa Sumber, Maryono, S.Sos pun menyatakan peluang usaha kuliner di Desa Sumber bahkan di Kecamatan Dukun masih sangat terbuka lebar, apalagi Desa Sumber termasuk Desa yang sering mendapat kunjungan tamu, namun peluang tersebut belum banyak di ambil masyarakat Desa Sumber sehingga untuk masalah olahan makanan desa sumber masih kalah dengan desa desa yang lain.

Persoalan tersebut menjadikan bahan pemikiran Pemerintah Desa Sumber, sehingga dalam penyusunan Rencana Pebangunan Jangka Menengah, pemberdayaan masyarakat terlebih peningkatan ekonomi keluarga merupakan skala prioritas dalam penyusunan Program, tahun anggaran 2018 pemerintah desa Sumber menganggarkan untuk peningkatan kapasitas kelompok perempuan, peserta dilatih untuk membuat olahan makanan berbahan lokal.

Kegiatan yang diikuti oleh 21 perempuan tersebut berlangsung  selama dua hari yang dilaksanakan pada hari Kamis, Jumat tanggal 26 an 27 Juli 2018 di Pendopo Desa Sumber. Para peserta dilatih oleh ahli ahli masak yang sudah berpengalaman untuk membuat variasi menu makan seperti nasi bakar, nasi liwet sedangkan untuk olahan lauk peserta dilatih membuat naget dari berbagai bahan lokal seperti tempe, ketela, jagung dll. Diharapkan dengan pelatihan tersebut para peserta dapat mengembangkan apa yang sudah di ajarkan sehingga mereka mampu untuk menjadi wirausahawan mandiri.

Alfiah, salah satu peserta pelatihan mengaku senang dengan adanya kegiatan ini, “ saya mendapatkan banyak hal baru dalam dunia memasak, saya berharap dengan pelatihan ini saya dapat membuka usaha olahan makanan” pungkasnya. ( eko )

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Tautan Terkait

Link

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Lokasi Sumber

tampilkan dalam peta lebih besar