Pemerintah Desa Sumber Menyusun Peta Batas Dusun & Potensi Desa Dengan Memanfaatkan Citra Satelit

Administrator 14 Februari 2018 08:13:26 WIB

TIM SID Desa Sumber : Pemerintah Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang berinisiasi memanfaatkan citra satelit Pleades yang mempunyai resolusi 50 cm, untuk menyusun peta batas dusun dan pemetaan potensi desa sebagai pendukung dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa. Pemetaan batas dusun Desa Sumber ini menggunakan metode partisipatif, dimana dilakukan diskusi yang dihadiri oleh kepala dusun dengan perangkat desa yang lain serta tim operator Sistem Infromasi Desa (SID) membatasi masing-masing dusun.  Sedangkan pemetaan potensi desa dilakukan dengan memanfaatkan Global Positioning System (GPS) berbasis Android, dengan mendata titik-titik fasilitas umum, fasilitas sosial, lokasi posyandu, kelompok kesenian, industri rumah tangga dan aset desa, yang dilakukan oleh perangkat desa bersama dengan tim SID.

Pada hari Senin-Selasa (12-13/2), sebanyak tujuh belas orang yang terdiri dari perangkat desa, operator SID dan perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Magelang, mengikuti pelatihan penyusunan peta batas dusun dan pemetaan potensi desa dengan memanfaatkan citra satelit resolusi tinggi dan aplikasi GPS berbasis android, yang didampingi oleh Lembaga Pelatihan SinauGIS Yogyakarta, dengan materi pembuatan batas dusun dengan teknologi Geographic Information System (GIS) dan citra satelit. Selain itu, mereka juga melakukan pendataan titik koordinat potensi desa dengan GPS dan mengolah data tersebut dengan Teknologi GIS menjadi peta tematik, yang diharapakan bisa menjadi bahan dalam menyusun rencana pembangunan desa.

Menurut Kepala Desa Sumber, Maryono menuturkan penyusunan batas dusun ini berdasarkan peta batas desa dan citra satelit yang bersumber dari Badan Informasi Geospasial (BIG). “Dalam membuat batas dusun ini kami mengundang kepala dusun untuk membatu operator SID dalam membatas wilayahnya masing-masing”, tutur Maryono. Maryono menambahkan, pembuatan peta batas dusun dan potensi desa diharapkan dapat membantu dalam perencanaan pembangunan desa.

Nurfai, perwakilan tim SID menyampaikan bahwa pemetaan potensi desa ini akan dipublikasikan melalui website yang sudah dikembangkan melalui program Sistem Informasi Desa, sehingga apabila ada traveller (pelancong) yang ingin berkunjung ke Desa Sumber sudah memperoleh informasi detil mengenai potensi  yang dimiliki di Desa Sumber seperti tracking jelajah Desa, lokasi kegiatan tradisi dusun di Desa Sumber dan lain lain..

Magelang, 13 Februari 2018

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Sumber

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung