Terima Kasih atas partisipasi anda dalam pembangunan Desa Sumber

Mari dukung program Sungaiku Bersih dengan tidak membuang sampah di Sungai

 

Welcome to the EVIDENC

Administrator 21 Januari 2018 19:01:01 WIB

Bung Karno pernah berkata dalam salah satu quotenya yang terkenal:

“Beri aku 1.000 orang tua, akan kucabut Semeru dari akarnya. Dan beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.

Ucapan Bung Karno bukan bentuk ponggah dan kesombongan, namun berhulu dari sebuah rasa optimis dan keyakinan yang teguh. Bung Karno meyakini bahwa pemuda dalam berbagai budaya dan masa, adalah laksana ‘hulu ledak’ yang jika dikelola dengan baik, akan menjadi kekuatan sumberdaya yang mampu melakukan banyak hal yang luar biasa.

Semangat dan optimisme pemuda seperti ini pulalah yang mungkin sekarang sedang berembrio di Desa Sumber, kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Para pemuda dari desa di kaki Gunung Merapi ini sedang berbenah, mengatur berbagai strategi dan teknis, untuk menyusun tangga-tangga menuju sebuah tujuan yang besar.

Tujuan Desa Sumber secara sederhana adalah menjadi sebuah central Ecotourism kabupaten Magelang yang berbasis kearifan lokal dan culture heritage yang original. Lebih dari sekedar desa wisata pada umumnya, Desa Sumber telah menempatkan titik visi yang begitu tinggi berupa tekad untuk menjadi Village Ecotourism yang mampu untuk go international.

Apakah terlalu muluk dan melambung kedengarannya?

Ya, jika kita belum mengetahui kalau Desa Sumber telah rutin mendapat kunjungan dari berbagai wisatawan mancanegara (meskipun dalam volume yang masih kecil). Ya, jika kita belum tahu kalau Desa Sumber telah menerima kunjungan  dari Norwegia, Amerika, Samoa, Jepang dan yang lainnya. Dan Ya, jika kita belum mengetahui bagaimana para pemudanya telah mempersiapkan diri dalam barisan-barisan yang teratur, terarah dan terkoordinasi dalam memulai langkah-langkah yang relevan untuk mencapai tujuan mereka.

EVIDENC (English Village Development Community) yang secara resmi dirilis Sabtu 20 Januari 2018 kemarin malam, menjadi salah satu langkah pemuda Desa Sumber dalam menyongsong cita-cita mereka. Program EVIDENC yang bekerjasama bersama Bimbel Excent menjadi salah satu pondasi bagi para pemuda Desa Sumber untuk mempersiapkan diri mereka menyambut berbagai tantangan (khususnya dalam penguasaan bahasa asing sebagai sarana komunikasi utama) yang telah menanti mereka di depan.

Program EVIDENC akan segera dimulai dalam minggu ini, secara umum program belajar berbahasa Inggris di bawah tentor berpengalaman dari Bimbel Excent ini juga menerima siapapun (utamanya dari wilayah Desa Sumber) yang merasa tertarik untuk mempelajari bahasa Inggris.

Di luar EVIDENC para pemuda Desa Sumber juga telah berbenah menata tiap lini yang menjadi tugas mereka. Kalender event sedang dipetakan, mengingat ada banyak sekali ritual budaya yang bertahan di Desa Sumber sehingga perlu dibuat kalendernya. Pendidikan berbasis technology dan internet juga sedang disiapkan sebagai salah satu sarana utama promosi desa wisata. Sementara berbagai potensi kreativitas para pemuda difasilitasi, dimotivasi dan didukung penuh oleh pemerintah Desa Sumber, selama itu relevan dengan tujuan dan visi misi bersama.

Dalam beberapa tahun ke depan, cita-cita Desa Sumber untuk menjadi destinasi Village Ecotourism berbasis kearifan lokal yang go internasional (dalam volume yang lebih besar) nampaknya akan segera terwujud, selama para pemuda yang menjadi garda utama ini tetap menjaga rasa optimis, konsistensi dan fokus pada tujuan mereka.

Komentar atas Welcome to the EVIDENC

Subkhan Burhani 22 Januari 2018 09:23:35 WIB
Semoga berkah dan manfaat sukses selalu untuk kita semua
Subkhan Burhani 21 Januari 2018 20:18:39 WIB
Semoga berkah dan manfaat sukses selalu untuk Desa Sumber dan Bimbel Excent
Eni Setyawati 21 Januari 2018 19:46:06 WIB
Sungguh terobosan ide yg luar biasa. Bisa menjadi pilot projek desa desa lain. Selamat dan sukses untuk P Maryono, ms Eko dan teman2 Desa Sumber.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Tautan Terkait

Link

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Lokasi Sumber

tampilkan dalam peta lebih besar