Bon Cabai solusi saat harga Cabai Murah

Administrator 14 Desember 2017 09:22:13 WIB

Bon Cabai  hasil produksi peserta pelatihan olahan cabai Desa Sumber

Cabai adalah komoditas hortikultura yang paling dikenal dan dibutuhkan masyarakat, termasuk di Desa Sumber Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Sepanjang tahun permintaan cabai bisa terbilang stabil tinggi, bahkan harganya bisa sangat tinggi bisa sampai Rp 100.000/Kg, namun demikian hal tersebut belum tentu memberikan keuntungan bagi petani, karena saat hargai cabai tinggi  biasanya petani tidak banyak yang memiliki komuditas tersebut yang disebabkan karena gagal panen yang disebabkan cuaca yang tidak mendukung serta banyaknya hama yang menyerang, Tetapi sebaliknya saat petani panen raya harga cabai bisa sangat murah, informasi yang kami peroleh dari petani empat bulan  terakhir ini  harga cabai naik turun dari 4000 s.d 12.000 / Kg.

Persoalan tersebut menjadikan keprihatinan bersama antara masyarakat Desa dengan Pemerintah Desa, sehingga di tahun 2017 ini, Pemerintah Desa Sumber menyelenggarakan pelatihan olahan cabai yaitu Bon cabai, sehingga diharapkan dengan pelatihan tersebut para petani memilki ketrampilan untuk mengolah cabai saat panen raya. pelatihan yang diikuti 20 peserta tersebut dilaksanakan selama 2 hari, meski singkat mereka sudah mampu membuat dengan kualitas dan cita rasa yang enak.

Fitri salah satu peserta mengaku senang dengan pelatihan ini, ia berharap kedepan Bon Cabai menjadi produk unggulan Desa Sumber.

 

 

 

 

 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Sumber

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung