"Merti Dusun" Tradisi Masyarakat Desa Sumber

Administrator 17 November 2017 08:39:19 WIB

Sumber SID - Merti Dusun adalah kegiatan tradisi yang masih dilakukan masyarakat dibeberapa Dusun Desa Sumber Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur Kepada Tuhan yang maha esa atas anugrah rejeki, kesehatan, ketentraman yang telah diberikan kepada Masyarakat. Selain itu juga bertujuan untuk melestarikan tradisi, seni tradisional serta memupuk semangat kegotongroyongan serta kekeluargaan disuatu Dusun.

Biaya yang digunakan untuk kegiatan tradisi tersebut adalah murni swadaya masyarakat, Supratik Kepala Dusun Ngargotontro dan Gumuk menjelaskan bahwa setiap warga dikenai iuran Rp 50.000,-/ kesuk sawah serta biaya lainnya sesuai hasil musyawarah.

ia juga menjelaskan kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun, meskipun dengan konsep acara yang berbeda, kadang ada kegiatan pentas seni kadang tidak ada hanya cukup selamatan saja.

semoga dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat semakin pandai bersyukur, semakin lestari tradisi budayanya, semakin kompak serta semakin sejahtera pungkasnya.

 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Sumber

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung